Senin, 02 Maret 2009

DISLIPIDEMI

Definisi

Dislipidemi adalah kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan maupun penurunan fraksi lipid dalam plasma. Kelainan fraksi lipid yang utama ialah kenaikan kadar kolesterol total, LDL kolesterol, trigliserida, serta penurunan HDL. Dislipidemia berkaitan erat dengan aterosklerosis yaitu sebagai faktor utama aterosklerosis.Dislipidemia yang menyertai beberapa penyakit seperti diabetes melitus, hipotiroidisme, sindrom nefrotik, dan gagal ginjal kronik disebut sebagai dislipidemia sekunder.

Klasifikasi

Dislipidemia Primer

Banyak kelainan genetik dan bawaan dapat mengakibatkan dislipidemia primer.

· Hiperkolesterolemia poligenik

Merupakan hiperkolesterolemia yang paling sering ditemukan yang merupakan interaksi antara kelainan genetik yang multipel, nutrisi dan faktor-faktor lingkungan lainnya serta memiliki lebih dari satu dasar metabolik. Penyakit ini biasanya tidak disertai dengan xantoma

· Hiperkolesterolemia familial

Kelainan yang bersifat autosomal dominan dan terdapat dalam bentuk homozigot maupun heterozigot. Hiperkolesterolemia familial homozigot mengenai 1 antara 10000 orang dengan kadar kolesterol antara 600-1000 mg/dl, tidak dapat diiobati, serta menyebabkan penyakit kardiovaskuler dan stenosis aorta pada masa anak-anak da dewasa muda. Hiperkolesterolemia timbul karena peningkatan kadar kolesterol LDL yang disebabkan oleh kelainan fungsi atau jumlah reseptor LDL. Pada jenis heterozigot biasanya kadar kolesterol bervariasi antara 350-460 mg/dl dan bila nilai > 300 mg/dl pada dewasa atau >260 mg/dl pada usia dibawah 16 tahun perlu dicurigai adanya hiperkolesterolemia familial. Diagnosis dapat dibuat pada saat kelahiran dengan menggunakan darah yang berasal dari umbilikus. Trigliserid normal atau meningkat.

· Dislipidemia remnan

Peningkatan kolesterol dan trigliserida dengan berat bervariasi

· Hiperlipidemia kombinasi familial

Merupakan kelainan genetik metabolisme lipoprotein yang sering berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler, dengan angka kejadian sekitar 1 % dari jumlah penduduk. Meyoritas pasien menunjukkan peningkatan plasma Apo B.

· Sindrom kilomikron

Kelainan enzim lipoprotein lipase atau apolipoprotein C-II ini merupakan penyebab hipertrigliseridemia berat yang jarang ditemukan. Pada keadaan ini adanya hipertrigliseridemia dan kadar HDL kolesterol yang sangat rendah tidak mengakibatkan peningkatan resiko penyakit kardiovaskuler.

Dislipidemia sekunder

Hiperkolesterolemia

Hipertrigliseridemia

Dislipidemia

Hipotiroid

DM, alkohol

Hipotiroid

Sindrom nefrotik

Obesitas

Sindrom nefrotik

Penyakit hati obstruktif

Gagal ginjal kronik

Gagal ginjal kronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar